5 Jenis Umpan Jitu Ikan Nila

Share Info ~ Dalam pemilihan umpan ikan nila yang tepat pasti dapat menghasilkan tangkapan ikan nila yang melimpah. Tentu tidak semua pemancing akan mendapatkan hasil yang banyak, dan kegagalan dalam mendapatkan ikan pun bisa saja disebabkan oleh banyak faktor, termasuk pemberian umpan yang kurang tepat.

Jika para pancinger ingin membawa hasil tangkapan ikan nila yang banyak, anda harus menyiapkan umpan jitu agar hasilnya memuaskan. Nah pada edisi kali ini kami akan memberikan referensi 5 jenis Umpan Jitu Ikan Nila yang bisa anda coba beberapa umpan untuk mancing ikan nila, langsung saja berikut simak ulasannya di bawah ini.

Inilah 5 Jenis Umpan Jitu Ikan Nila PALING POPULER

1. UMPAN LUMUT

Umpan lumut menjadi umpan alami yang paling disukai oleh ikan nila. Bukan ikan nila saja, berbagai jenis ikan lainnya juga dapat ditangkap dengan mengunakan umpan lumut ini, tapi tidak semua jenis lumut bisa digunakan sebagai umpan.

Jenis lumut yang cocok digunakan untuk mancing ikan nila yaitu lumut yang sering dijumpai di sawah, sungai, ataupun selokan dengan bentuk memanjang seperti rambut. Tekstur lumut ini lebih lembut dan berwarna hijau cerah sehingga ikan nila pun tertarik untuk memakannya.

Agar umpan lumut lebih mantap dan dapat menarik perhatian ikan, sebaiknya tambahkan  essen oplosan aroma pandan ataupun aroma lainnya agar aromanya lebih mantap. Kemudian, rendam sekitar 30 menit kemudian umpan pun menjadi lebih mudah untuk dikaitkan pada pancing

2. UMPAN PELET

Pelet merupakan pakan ikan yang memang selalu ampuh dalam menarik perhatian ikan untuk memakannya. Meskipun umpan pelet sudah biasa namuan akan menjadi luar biasa khasiatnya jika ditambah dengan campuran essen oplosan beraroma seperti aroma pandan atau vanilla.

Cara membuat umpan jitu ikan nila dengan mengguankan media pelet serbuk sangatlah mudah, yaitu langsung seduh pelet dengan air panas lalu aduk-aduk sampai merata.

Kemudian tambahkan essen beraroma seperti dari essen semarwangi ke dalam umpan pelet yang telah di seduh tadi. Jika anda sulit menemukan umpan lumut, campuran umpan pelet menjadi umpan alternatif paling ampuh.

3. UMPAN CACING

Umpan cacing memang sudah tidak asing lagi karena cacing sudah dikenal sejak dulu sebagai umpan memancing yang ampuh. Untuk menemukan cacing ini sangat mudah di dapat, cukup cari cacing di tanah yang lembab. Cacing bisa menjadi pilihan ketika Anda malas untuk melakukan salah satu cara membuat umpan ikan nila yang ampuh.

Cacing sangatlah disukai oleh ikan nila liar, namun selain ikan nila juga umumnya sangat disukai oleh berbagai jenis ikan air tawar termasuk dalam jenis omnivora.

Namun, tidak semua jenis cacing bisa digunakan. Biasanya, para pemancing menggunakan cacing sawah, cacing pohon pisang busuk, cacing air atau cacing pink yang umumnya memiliki tekstur alot dan ukuran yang besar.

4. UMPAN KROTO

Kroto adalah telur semut rang-rang yang menjadi salah satu bahan umpan mantap untuk berbagai jenis ikan, salah satunya ikan nila. Kroto ini mudah kita jumpai di penjual pakan burung. Harga pasaran untuk satu ons kroto adalah Rp 10.000 – 25.000.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya, maka Anda bisa mencarinya sendiri di pepohonan. Namun memang prosesnya akan sangat sulit. Jenis kroto yang bisa digunakan sebagai umpan adalah kroto dalam bentuk seperti kapsul. Anda bisa menambahkan getah pohon sukun atau nangka untuk merekatkan kroto sehingga lebih mudah dipasang pada kail pancing.

Baca Juga : Spot Mancing Ikan Nila di Waduk Jatiluhur

5. UMPAN RACIKAN

Nah untuk umpan yang teakhir ini adalah umpan racikan yang menggunakan beberapa bahan. Tentunya umpan racikan ini cukup ampuh untuk menaklukan ikan nila. Berikut simak cara meraciknya di bawah ini.

Bahan – bahan yang harus disiapkan :

  • 250 g tepung roti.
  • 500 g tepung tapioka.
  • 1 Kg udang rebon, cuci & jemur hingga kering.
  • 2 Sachet vanili.
  • 2 Ekor ikan kembung sudah dikukus.
  • 5 Butir telur bebek.
  • 5 Tetes Essen Semarwangi.

Cara Meracik Umpannya :

  1. Pertama siapkan wadah baskom, lalu tuangkan tepung roti dan tapioka campur aduk merata.
  2. Lalu masukan telur beber dan vanili kemudian aduk hingga rata.
  3. Haluskan udang rebon kering dan campurkan dengan racikan umpan tersebut.
  4. Kemudian masukan ikan kembung yang telah di kukus, aduk lagi hingga merata.
  5. Lalu kukus adonan umpan selama kurang lebih 20-30 menit hingga mantang.
  6. Dan umpan jitu ikan nila sudah siap digunakan.

Itulah kelima rekomendasi 5 Jenis Umpan Jitu Ikan Nila di atas bisa Anda coba ketika Anda ingin mendapatkan banyak ikan nila. Jika Anda ingin mendapatkan ikan nila secara banyak, maka selalu tambahkan Essen Semarwangi ke dalam berbagai racikan umpan agar lebih mantap dan disukai oleh ikan target.

Terimakasih telah berkunjung ke situs kami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda khususnya para pecinta mancing yang sedang mencari referensi umpan jitu. Salam STRIKE MANIA .. MANTAAPP !!!

Tinggalkan Balasan